5 Jurusan Kuliah Untuk Anak SMK dengan Prospek Karir Terbaik tahun 2022


Kelompok “study by doing”, juga dikenal sebagai siswa SMK, sering dianggap kurang bergengsi dibandingkan siswa sekolah menengah, meskipun mereka juga dapat melakukannya dengan baik di jurusan yang mereka ikuti Universitas. . Pasalnya, anak-anak SMK terbiasa belajar hal-hal praktis sedangkan anak-anak SMA hanya penuh teori. Artinya, saat mereka ditempatkan di dunia pendidikan tinggi bahkan dunia kerja, anak-anak SMK ini akan  bisa mengaplikasikan keahliannya. 
 
Dan bagi Anda yang telah lulus dari SMK dan berniat melanjutkan  ke perguruan tinggi, ada beberapa jurusan yang bisa dianggap paling tepat dan khusus untuk melanjutkan apa yang telah Anda pelajari sebelumnya. Apa jurusan yang paling “direkomendasikan” yang memiliki peluang terbaik untuk kesuksesan Anda di masa depan? Mari kita lihat di sini! 
 
Teknik mesin 
 
Teknik mesin adalah penelitian, desain, pengembangan, pembuatan, dan pengujian sensor, perangkat mekanik dan termal, termasuk alat, mesin dan mesin. Karir di bidang teknik mesin fokus pada penciptaan teknologi untuk memenuhi  kebutuhan manusia yang berbeda. Kursus teknik mesin meliputi teknik otomotif, teknik manufaktur, teknik pembangkit listrik, teknik termal, dan teknik mekatronik, yang merupakan kombinasi dari teknik listrik, komputer, dan mesin. 
 
Lulusan dari jurusan ini biasanya bekerja di kantor tetapi kadang-kadang dipanggil ke lapangan, mengunjungi tempat kerja ketika masalah atau peralatan memerlukan perawatan dan pengawasan pribadi mereka item konstruksi. Sebagian besar bekerja di layanan teknik, penelitian dan pengembangan, dan manufaktur. 
 
Penyiaran 
 
Departemen Penyiaran memiliki dua komponen utama: jurnalisme dan produksi. Hal ini tercermin dalam pilihan pendidikan  jurusan siaran; Siswa kami dapat memperoleh gelar sarjana  dalam jurnalisme siaran atau produksi televisi dan radio. Program berbasis pers terutama berfokus pada pengumpulan dan pelaporan berita, sedangkan program berbasis produksi lebih menekankan pada aspek teknis produksi berita dan jenis program radio dan televisi. 
 
Mata kuliah ini akan mempersiapkan lulusan untuk menjadi jurnalis, editor, produser, sutradara dan manajer profesional. Mencakup pedoman prinsip-prinsip teknologi penyiaran; siaran reportase; prosedur dan teknik dengan dan tanpa kamera dan mikrofon;  program, editor audio dan video/film; desain dan produksi program; hukum dan kebijakan media; dan standar dan etika profesi. 
 
Teknik Elektro 

Teknik elektro adalah disiplin  teknik yang berkaitan dengan studi, desain dan penerapan perangkat, instrumen dan sistem  listrik, elektronik dan elektromagnetik. 
 
Lulusan akan memenuhi syarat untuk merancang, mengembangkan, menguji dan mengawasi produksi peralatan listrik, seperti motor listrik, sistem radar dan  navigasi, sistem informasi komunikasi dan peralatan pembangkit listrik. Mereka juga akan merancang dan mengembangkan peralatan elektronik, seperti sistem penyiaran dan komunikasi, dari pemutar musik portabel hingga sistem penentuan posisi global (GPS). Mereka biasanya menggunakan komponen dasar seperti konduktor, kumparan, magnet, baterai, sakelar, resistor, kapasitor, induktor, dioda, dan transistor. Hampir semua perangkat listrik dan elektronik, dari generator di pembangkit listrik hingga mikroprosesor di ponsel kita saat ini, menggunakan beberapa komponen dasar ini. 
 
Administrasi Bisnis 

Jurusan Administrasi Bisnis mempelajari mekanika bisnis melalui mata kuliah inti seperti keuangan, akuntansi dan pemasaran, dan mengambil mata pelajaran khusus tambahan. Siswa akan berusaha memecahkan masalah menggunakan data dan  mengembangkan keterampilan komunikasi dan manajemen. 
 
Program MBA dirancang untuk mempersiapkan lulusan dengan pengetahuan perencanaan strategis untuk menciptakan nilai organisasi sambil menguasai prinsip-prinsip keuangan. Selain itu, lulusan akan memahami bagaimana  memimpin proyek secara efektif di semua bidang kegiatan. Dengan mempelajari teori bisnis dan  praktik bisnis terbaik, jurusan administrasi bisnis ini dapat mengembangkan keterampilan penting, seperti mengetahui cara menganalisis masalah  menggunakan dan menerapkan data. Pengusaha di banyak industri mencari  keterampilan penanganan data yang beragam ini. 
 
Ilmu Komputer 
 
Jurusan Ilmu Komputer memasuki dunia teknologi yang dinamis, mempelajari mata pelajaran seperti kecerdasan buatan, desain perangkat lunak, dan grafik komputer. Mereka harus mengambil kalkulus dan kursus matematika terkait lainnya, termasuk statistik dan aljabar linier. Kursus pengantar ilmu komputer mencakup topik-topik seperti desain algoritma, organisasi komputer, dan tipe data abstrak. Setelah siswa memiliki dasar yang kuat dalam disiplin, mereka dapat melanjutkan ke kursus yang lebih kompleks terkait dengan visualisasi data, jaringan, dan kriptografi, di antara mata pelajaran lainnya. 
 
Setelah lulus, lulusan jurusan ini akan memiliki keterampilan untuk meneliti masalah yang kompleks dengan menggunakan perangkat komputer; Misalnya, posisi terbuka dalam analisis data, pengembangan web, dan konsultasi,  dan jenis pekerjaan  ini tersedia di perusahaan  dari  kecil hingga besar. 
 
Apakah Anda tahu  yang mana yang harus dipilih?

Post a Comment

Previous Post Next Post