Tips Menulis Makalah Penelitian (Skripsi) yang Efektif

Jika Anda belum mengetahui apa itu makalah penelitian, izinkan saya memberi Anda ikhtisar definisi: makalah penelitian adalah bentuk tulisan akademis yang memiliki informasi teoretis dan substansial yang telah melalui proses pendalaman yang tepat. penelitian mendalam. Dapat berisi argumentasi berdasarkan tesis dengan bukti yang signifikan dari berbagai sumber yang mendukung dan dapat dipercaya.

Jika Anda bertanya kepada banyak orang, mereka mungkin mengatakan bahwa menulis makalah penelitian adalah tugas yang menantang dan teliti. Tetapi dengan latihan yang cukup selama bertahun-tahun di sekolah, itu bisa menjadi jauh lebih mudah setelah Anda terbiasa. Ini pasti teliti karena penelitian intensif yang menyertainya, tetapi jika Anda benar-benar melihat gambaran besarnya, sebuah makalah penelitian hanya membutuhkan beberapa tips dasar agar tidak terlalu menantang bagi individu yang sedang berjuang. Sebelum kita mulai dengan tips menulis makalah penelitian yang efektif, siapkan bahan-bahan berikut:

  1. Kertas catatan (pastikan Anda memiliki cukup karena Anda mungkin akan mencatat banyak catatan)
  2. Dua atau tiga stabilo berwarna berbeda (untuk menyoroti catatan)
  3. Kartu indeks

ORGANISASI ADALAH KUNCI

Ikuti langkah-langkah substansial ini untuk disusun dalam penulisan makalah penelitian:

  1. Pilih topik Anda dengan hati-hati
  2. Pilih sumber yang akan membantu dan pastikan mereka dapat diandalkan
  3. Kartu indeks harus digunakan untuk mencatat catatan bermanfaat yang mungkin Anda perlukan selama proses atau penulisan
  4. Catatan Anda harus diatur berdasarkan topik yang dibahas
  5. Memiliki garis besar yang dipikirkan dengan baik
  6. Tulis draf pertama sehingga Anda memiliki kerangka makalah penelitian Anda
  7. Baca draf pertama Anda, bacalah dengan seksama dan tulis ulang
  8. Sunting saat dibutuhkan

LAKUKAN PENELITIAN YANG BENAR

Jika Anda ingin menemukan sumber informasi yang bermanfaat dan dapat diandalkan, perpustakaan secara harfiah adalah tempat terbaik untuk melihat-lihat. Ada banyak buku, artikel yang diterbitkan, jurnal dan lain-lain yang dapat Anda pilih tentang topik yang Anda pilih. Pilih tempat yang nyaman di perpustakaan setempat Anda di mana Anda jauh dari gangguan dan Anda dapat fokus pada pekerjaan yang perlu dilakukan. Coba gunakan katalog kartu dan komputer yang tersedia untuk mempermudah pencarian Anda.

PILIH TOPIK PENELITIAN ANDA DENGAN SEKSAMA

Jika Anda memiliki kebebasan untuk memilih tentang apa makalah penelitian Anda, manfaatkan situasinya dan pilih topik yang Anda minati atau topik yang membuat Anda penasaran. Dengan melakukan ini, itu memberi Anda motivasi untuk melakukan penelitian yang diperlukan untuk itu. Spesifik dalam memilih topik karena kebanyakan penulis melakukan kesalahan dalam memilih topik yang terlalu umum.

CANTUMKAN CATATAN YANG BENAR

Seperti tip pertama kami, aturlah saat menulis catatan Anda. Catat informasi yang hanya akan membantu Anda. Coba kode warna catatan Anda berdasarkan topik dan Anda dapat menggunakan stabilo untuk menandai detail yang bermanfaat sehingga Anda dapat menemukan topik tertentu dengan sangat mudah. Jika diizinkan, Anda juga dapat memfotokopi artikel atau halaman dari buku yang Anda perlukan. Ini paling baik jika ada terlalu banyak untuk dicatat di atas kertas. Ini pasti akan menghemat waktu Anda. Setiap kali Anda mencatat sesuatu, pastikan untuk menuliskan informasi bibliografi seperti penulis, judul buku, nomor halaman yang digunakan, nomor volume dan nama penerbit dan tanggal vital.

BRAINSTORM SEBUAH GARIS

Setelah penelitian mendalam, Anda dapat melanjutkan untuk menulis garis besar. Dengan semua catatan dan informasi penting yang Anda kumpulkan, mulailah bertukar pikiran di mana topik-topik tertentu cocok. Untuk “bertukar pikiran dengan garis besar” tidak berarti bahwa topik-topik tersebut harus terstruktur dalam kalimat. Catat bagian mana yang akan menjadi awal, tengah dan akhir. Ini adalah bagian di mana makalah penelitian Anda mulai terbentuk.

TULIS DRAFT PERTAMA

Setelah garis besar Anda, Anda dapat memulai draf pertama Anda. Ambil garis besar Anda dan catat ide-idenya dan bentuk kalimat dan paragraf dengannya. Ini adalah bagian di mana Anda memasukkan lebih banyak detail dan kehidupan ke dalam makalah sehingga orang dapat membacanya dan benar-benar memahaminya. Anda dapat melakukan lebih banyak penelitian yang dibutuhkan jika Anda merasa kekurangan informasi. Ini hanya draf pertama, jadi Anda masih dapat membuat perubahan saat melanjutkan.

PROOFREAD DAN TULIS KERTAS AKHIR ANDA

Setelah Anda membaca ulang draf pertama Anda berulang-ulang dan membuat perubahan yang Anda rasa harus Anda lakukan, inilah saatnya untuk menulis draf akhir Anda. Pastikan bahwa semua informasi penting disertakan dan paragraf serta kalimat Anda masuk akal dan memiliki aliran yang stabil dan alami di seluruh bagian. Periksa kesalahan ketik dan tata bahasa. Ejaan juga merupakan hal lain yang ingin Anda periksa. Pastikan bahwa setiap sumber yang Anda gunakan ada di halaman daftar pustaka karena ini sangat penting untuk makalah penelitian Anda.

Ketika Anda selesai dengan makalah akhir Anda, lakukan penyesuaian akhir sesuai kebutuhan. Bacalah sebanyak yang Anda mau dan bahkan mintalah seorang teman atau profesor untuk membacanya dan memberikan pendapat mereka.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama