8 Jenis Makalah Penelitian Yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengikuti LKTI


Ada beberapa jenis makalah penelitian (karya ilmiah). Penting untuk mengetahui jenis makalah penelitian mana yang diperlukan untuk tugas Anda di kampus maupun siswa dan mahasiswa yang sedang mengikuti event Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKI), karena setiap jenis makalah penelitian memerlukan persiapan yang berbeda. Di bawah ini adalah daftar 8 jenis makalah penelitian yang paling umum:


Makalah Penelitian Analitis

Dalam makalah penelitian analitik, Anda mengajukan pertanyaan dan kemudian mengumpulkan data yang relevan dari peneliti lain untuk menganalisis sudut pandang mereka yang berbeda. Anda fokus pada temuan dan kesimpulan peneliti lain dan kemudian membuat kesimpulan pribadi tentang topik tersebut. Penting untuk tetap netral dan tidak menunjukkan posisi negatif atau positif Anda sendiri tentang masalah tersebut.


Makalah Penelitian Argumentatif (Persuasif)

Makalah argumentatif menyajikan dua sisi isu kontroversial dalam satu makalah. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan pembaca di sisi sudut pandang Anda. Anda harus menyertakan dan mengutip temuan dan argumen dari peneliti yang berbeda di kedua sisi masalah, tetapi kemudian mendukung satu sisi di atas yang lain dan mencoba membujuk pembaca dari sisi Anda. Argumen Anda tidak boleh terlalu emosional, namun tetap perlu didukung dengan fakta logis dan data statistik.


Makalah Definisi

Makalah definisi semata-mata menggambarkan fakta atau argumen objektif tanpa menggunakan emosi atau pendapat pribadi penulis. Tujuannya hanya untuk memberikan informasi. Anda harus memasukkan fakta dari berbagai sumber, tetapi biarkan fakta tersebut tidak dianalisis.


Makalah Perbandingan dan Kontras

Makalah perbandingan dan kontras digunakan untuk menganalisis perbedaan antara dua sudut pandang, penulis, subjek, atau cerita. Pastikan untuk menggambarkan kedua sisi dalam makalah dengan cukup, dan kemudian lanjutkan dengan membandingkan dan membedakan tesis dan yang mendukung.


Makalah Sebab dan Akibat

Makalah sebab dan akibat biasanya merupakan jenis makalah penelitian pertama yang dihadapi siswa sekolah menengah dan perguruan tinggi. Mereka menelusuri kemungkinan atau hasil yang diharapkan dari tindakan tertentu dan menjawab pertanyaan utama "Mengapa?" dan "Apa?", yang mencerminkan akibat dan sebab. Di bidang bisnis dan pendidikan, makalah sebab dan akibat akan membantu melacak berbagai hasil yang dapat muncul dari tindakan atau situasi tertentu.


Makalah Interpretasi

Makalah interpretatif mengharuskan Anda untuk menggunakan pengetahuan yang telah Anda peroleh dari studi kasus tertentu, misalnya situasi hukum dalam studi hukum. Anda perlu menulis makalah berdasarkan kerangka teori yang mapan dan menggunakan data pendukung yang valid untuk mendukung pernyataan dan kesimpulan Anda.


Makalah Penelitian Eksperimental

Jenis makalah penelitian ini pada dasarnya menggambarkan eksperimen tertentu secara rinci. Ini umum di bidang-bidang seperti biologi, kimia atau fisika. Eksperimen bertujuan untuk menjelaskan suatu hasil atau fenomena tertentu dengan tindakan tertentu. Anda perlu menjelaskan eksperimen Anda dengan data pendukung dan kemudian menganalisisnya secara memadai.


Makalah Penelitian Survei

Makalah penelitian ini menuntut dilakukannya survei yang mencakup mengajukan pertanyaan kepada responden. Konduktor survei kemudian mengumpulkan semua informasi dari survei dan menganalisisnya untuk disajikan dalam makalah penelitian.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama