Apakah Perbedaan Antara Makalah Penelitian dan Skripsi ?


Halo para mahasiswa baru yang bentar lagi sudah mau memulai menulis skripsi, ayuk dibaca sebentar sedikit pengetahuan tentang apa sish bedanya makalah penelitian dengan skripsi.


Apa itu makalah penelitian?

Setiap makalah yang mengharuskan penulis untuk meneliti topik tertentu adalah makalah penelitian. Tidak seperti esai, yang sebagian besar didasarkan pada pendapat dan ditulis dari sudut pandang penulis, makalah penelitian didasarkan pada fakta. Sebuah makalah penelitian mengharuskan Anda untuk membentuk opini tentang suatu topik, meneliti dan mendapatkan pengetahuan ahli tentang topik itu, dan kemudian mendukung pendapat dan pernyataan Anda sendiri dengan fakta-fakta yang ditemukan melalui penelitian menyeluruh Anda.


Apa perbedaan antara makalah penelitian dan skripsi?

Skripsi adalah dokumen yang ditulis oleh mahasiswa pendidikan tinggi untuk memperoleh gelar akademik atau kualifikasi. Biasanya, ini lebih lama dari makalah penelitian dan membutuhkan waktu beberapa tahun untuk menyelesaikannya. Umumnya terkait dengan studi sarjana/pascasarjana, dilakukan di bawah pengawasan seorang profesor atau akademisi lain dari universitas.


Perbedaan utama antara makalah penelitian dan tesis adalah bahwa yang makalah penelitian menyajikan fakta-fakta tertentu yang telah ** diteliti dan dijelaskan oleh orang lain (biasa disebut article review), sedangkan skripsi dimulai dengan pertanyaan atau pernyataan ilmiah tertentu, yang kemudian mengarah pada penelitian lebih lanjut dan temuan baru. Artinya, sebuah skripsi mengharuskan penulis untuk memasukkan karya asli dan temuannya sendiri dalam bidang tertentu, sedangkan karya ilmiah hanya dapat diselesaikan dengan penelitian ekstensif. Gambar dibawah ini merupakan beberapa makalah penelitian yang kami dapat melalui situs Mendeley.




Perbedaan lain antara makalah penelitian dan skripsi adalah bahwa makalah penelitian dalam konteks ilmiah biasanya merupakan bagian dari mata pelajaran atau persyaratan untuk suatu kelas, dan tidak dianggap sebagai mata pelajaran yang terpisah, sedangkan skripsi biasanya dianggap sebagai modul yang terpisah, membutuhkan pengawasan profesor atau akademisi lain dari universitas, dan dinilai secara terpisah.


Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang makalah penelitian

Di mana saya dapat menemukan makalah penelitian?

Anda dapat menemukannya di ScienceDirect, Wiley Online Library, Taylor & Francis, Nature, SpingerLink, ERIC, ScienceOpen, dan banyak lagi.


Mengapa orang menulis makalah penelitian?

Mason Porter, Profesor di UCLA, menjelaskan alasan utama untuk menulis makalah penelitian:

  • Untuk menciptakan pengetahuan baru dan menyebarkannya.
  • Untuk mengajarkan sains dan bagaimana menulisnya dengan gaya akademis.
  • Beberapa manfaat praktis: prestise, membangun kredensial, persyaratan untuk hibah atau untuk membantu seseorang mendapatkan proposal hibah di masa depan, dan sebagainya.


Siapa yang menulis makalah penelitian?

Umumnya, orang-orang yang terlibat dalam akademisi. Makalah penelitian sebagian besar ditulis oleh mahasiswa pendidikan tinggi dan peneliti profesional.


Apakah makalah penelitian dan makalah ilmiah itu sama?

Ya, makalah penelitian sama dengan makalah ilmiah. Kedua makalah memiliki tujuan, dan format yang sama.


Apa perbedaan antara makalah penelitian dan skripsi?

Perbedaan utama antara makalah penelitian dan tesis adalah bahwa makalah penelitian menyajikan fakta-fakta tertentu yang telah diteliti dan dijelaskan oleh orang lain, sedangkan skripsi dimulai dengan pertanyaan atau pernyataan ilmiah tertentu, yang kemudian mengarah pada penelitian lebih lanjut dan temuan baru.

Post a Comment

Previous Post Next Post